Kepala Silinder - 2 (Overhaul)
A. Prosedur Pelepasan Kepala Silinder
1. Lepaskan penutup kepala silinder untuk membuka sprocket. Untuk model tanpa penutup kepala
silinder, lepaskan penutup sprocket cam dan katup yang menyetel hole cap.
2. Lepaskan Crankshaft hole cap (Tutup Kruk As) dan timing hole cap (tutup timing) pada penutup
crankcase kiri
3. Putar crankshaft untuk memposisikan piston pada Titik Mati Atas saat langkah kompresi. untuk
memposisikan bisa dilihat dari tanda penyetelan pada cam sprocket (gigi kamrat) atau tanda T
dalam timing hole. Lepaskan busi untuk mempermudah memutar crankshaft.
4. Nonaktifkan tensioner lifter dengan lifter stopper
5. Tahan baut kruk as, lepaskan baut pada cam sprocket (gigi kamrat) dan kemudian lepaskan
sprocket
6. Lepas baut kepala silinder. kemudian, lepaskan baut yang memasang camshaft holder pada pola
menyilang yang ditunjukkan pada gambar dengan melonggarkan dalam 2 atau 3 tahap.
7. Lepaskan kepala silinder/camshaft holder
8. Lepaskan dowel pin, gasket kepala silinder, dan cam chain guide
B. Prosedur Pelepasan Camshaft/Rocker Arm
1. Lepaskan plate penahan camshaft dan tarik keluar camshaft
2. Tarik keluar rocker arm shaft dan lepaskan rocker arm
C. Prosedur Pelepasan Katup
* Gunakan kompresor pegas katup untuk melepas katup
1. Sesuaikan alat tambahan yang berukuran tepat untuk diamter luar pada penahan pegas dalam
kompresor pegas katup
2. Sesuaikan kompresor pegas katup dalam penahan gas dengan memasang alat tambahan terlebih
dahulu dan kemudian geser rak sampai ujung rak bersentuhan dengan kepala katup.
3. Kencangkan handle untuk memampatkan pegas katup, dan kemudian lepaskan valve cotter dengan
magnet atau dengan pinset
4. Kendurkan handle untuk mengurangi tekanan pegas katup, dan lepaskan penahan pegas dan pegas
katup.
5. Lepaskan katup, spring, stem seal (seal klep) dan dudukan pegas
Ok.. sekian untuk pembahasan kepala silinder bagian 2 (overhaul). semoga bermanfaat
1. Lepaskan penutup kepala silinder untuk membuka sprocket. Untuk model tanpa penutup kepala
silinder, lepaskan penutup sprocket cam dan katup yang menyetel hole cap.
2. Lepaskan Crankshaft hole cap (Tutup Kruk As) dan timing hole cap (tutup timing) pada penutup
crankcase kiri
3. Putar crankshaft untuk memposisikan piston pada Titik Mati Atas saat langkah kompresi. untuk
memposisikan bisa dilihat dari tanda penyetelan pada cam sprocket (gigi kamrat) atau tanda T
dalam timing hole. Lepaskan busi untuk mempermudah memutar crankshaft.
4. Nonaktifkan tensioner lifter dengan lifter stopper
5. Tahan baut kruk as, lepaskan baut pada cam sprocket (gigi kamrat) dan kemudian lepaskan
sprocket
6. Lepas baut kepala silinder. kemudian, lepaskan baut yang memasang camshaft holder pada pola
menyilang yang ditunjukkan pada gambar dengan melonggarkan dalam 2 atau 3 tahap.
7. Lepaskan kepala silinder/camshaft holder
8. Lepaskan dowel pin, gasket kepala silinder, dan cam chain guide
B. Prosedur Pelepasan Camshaft/Rocker Arm
1. Lepaskan plate penahan camshaft dan tarik keluar camshaft
2. Tarik keluar rocker arm shaft dan lepaskan rocker arm
* Gunakan kompresor pegas katup untuk melepas katup
1. Sesuaikan alat tambahan yang berukuran tepat untuk diamter luar pada penahan pegas dalam
kompresor pegas katup
2. Sesuaikan kompresor pegas katup dalam penahan gas dengan memasang alat tambahan terlebih
dahulu dan kemudian geser rak sampai ujung rak bersentuhan dengan kepala katup.
3. Kencangkan handle untuk memampatkan pegas katup, dan kemudian lepaskan valve cotter dengan
magnet atau dengan pinset
4. Kendurkan handle untuk mengurangi tekanan pegas katup, dan lepaskan penahan pegas dan pegas
katup.
5. Lepaskan katup, spring, stem seal (seal klep) dan dudukan pegas
Ok.. sekian untuk pembahasan kepala silinder bagian 2 (overhaul). semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar