Kepala Silinder - 1 (Fungsi dan Struktur)
Selamat pagi…
Hari ini kita akan belajar tentang kepala silinder
A. Fungsi
dan struktur Kepala Silinder
Fungsi kepala silinder :
a. Sebagai
penutup silinder, penempatan busi dan katup
b. Sebagai
ruang bakar
- Kepala silinder biasaya terbuat dari bahan paduan alumunium, tahan pada suhu dan tekanan yang tinggi
- Squish area : untuk menimbulkan turbulensi campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar agar terarah pada pusat pembakaran.
B. Konstruksi
kepala silinder 4 Tak Vs 2 Tak
Konstruksi 4 Tak
Konstruksi
2 Tak
C. Struktur
Komponen Kepala Silinder 4 Tak
D. Bagian
Bagian dalam Kepala Silinder
a. Katup
/ Valve / klep
Katup
berfungsi membuka dan menutup pada intake dan exhaust port di kepala silinder. Katupbergerak
dalam kecepatan, suhu dan tekanan yang tinggi. Katup disyaratkan harus kuat,
tahan panas, tahan aus dan memiliki konduktivitas termal yang baik.
b. Valve
Spring / Per Klep / pegas katup
Pegas katup
berfungsi mencegah kebocoran kompresi dengan cara menekan katup berlawanan
dengan dudukan katup dan memaksa katup yang terbuka menjadi tertutup.
Penahan
pegas adalah komponen berbentuk cincin yang menahan per klep. Penahan pegas mempunyai
lubang runcing di tengahnya dimana valve cotter terpasang.
Valve cotter adalah komponen yang menghubungkan penahan pegas dan katup
Sil
klep mencegah kehilangan oli melalui peluncur klep (Valve guide) dan mencegah
oli masuk ke celah antara tangkai klep (valve stem) dan peluncur klep (valve
guide)yang dapat mengakibatkan kebocoran oli dalam ruang bakar.
f. Camshaft / noken as
Camshaft
berfungsi untuk mengatur waktu pembukaan dan penutupan katup-katup. Terbuat dari
besi tuang atau baja paduan dengan penyepuhan pada bagian nok agar tahan
terhadap keausan. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui perantara
rantai mesin.
Camshaft dengan dekompresor otomatis
Beberapa
model menggunakan sebuah camshaft dengan dekompresor otomatis berfungsi untuk
memperingan tekanan kaki pada waktu starter dengan cara membocorkan kompresi
melalui katup buang.
Didorong
oleh nok pada camshaft, rocker arm berputar di sekitar rocker arm shaft dan
mengangkat klep.
Jenis Rocker Arm
Ada
dua jenis rocker arm ; jenis slipper bentuknya sederhana dan jenis roller yang
memiliki bantalan dan roller di slipper tersebut. Roller berputar antara cam
dan rocker arm untuk mengurangi koefisien gesekan
h. Cam Sprocket / gear
kamrat
Gear
kamrat menempel pada noken as dan memindahkan putaran kruk as ke noken as. Daya
dari kruk as di alihkan melalui rantai.
Ok..
sekian dulu tentang fungsi dan konstruksi kepala silinder, semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar