Kepala Silinder - 1 (Fungsi dan Struktur)



Selamat pagi…
Hari ini kita akan belajar tentang kepala silinder

A.      Fungsi dan struktur Kepala Silinder
Fungsi kepala silinder :
a.       Sebagai penutup silinder, penempatan busi dan katup
b.      Sebagai ruang bakar


  • Kepala silinder biasaya terbuat dari bahan paduan alumunium, tahan pada suhu dan tekanan yang tinggi

  •  Squish area : untuk menimbulkan turbulensi campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar agar terarah pada pusat pembakaran.









B.      Konstruksi kepala silinder 4 Tak Vs 2 Tak


                                                            Konstruksi 4 Tak         



                                                              Konstruksi 2 Tak

 
C.      Struktur Komponen Kepala Silinder 4 Tak

Slide6
D.      Bagian Bagian dalam Kepala Silinder
a.       Katup / Valve / klep
Katup berfungsi membuka dan menutup pada intake dan exhaust port di kepala silinder. Katupbergerak dalam kecepatan, suhu dan tekanan yang tinggi. Katup disyaratkan harus kuat, tahan panas, tahan aus dan memiliki konduktivitas termal yang baik.


 
  
b.      Valve Spring / Per Klep / pegas katup
Pegas katup berfungsi mencegah kebocoran kompresi dengan cara menekan katup berlawanan dengan dudukan katup dan memaksa katup yang terbuka menjadi tertutup.
 
 
        c.  Penahan Pegas (spring retainer)
Penahan pegas adalah komponen berbentuk cincin yang menahan per klep. Penahan pegas mempunyai lubang runcing di tengahnya dimana valve cotter terpasang.

      d.    Valve Cotter / kuku macan
            Valve cotter adalah komponen yang menghubungkan penahan pegas dan katup

         e. Stem Seal / Sil klep
Sil klep mencegah kehilangan oli melalui peluncur klep (Valve guide) dan mencegah oli masuk ke celah antara tangkai klep (valve stem) dan peluncur klep (valve guide)yang dapat mengakibatkan kebocoran oli dalam ruang bakar.
 


          f. Camshaft  / noken as
Camshaft berfungsi untuk mengatur waktu pembukaan dan penutupan katup-katup. Terbuat dari besi tuang atau baja paduan dengan penyepuhan pada bagian nok agar tahan terhadap keausan. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui perantara rantai mesin. 
  
 Camshaft dengan dekompresor otomatis
Beberapa model menggunakan sebuah camshaft dengan dekompresor otomatis berfungsi untuk memperingan tekanan kaki pada waktu starter dengan cara membocorkan kompresi melalui katup buang.

        g.  Rocker Arm / Pelatuk klep
Didorong oleh nok pada camshaft, rocker arm berputar di sekitar rocker arm shaft dan mengangkat klep.

Jenis Rocker Arm
Ada dua jenis rocker arm ; jenis slipper bentuknya sederhana dan jenis roller yang memiliki bantalan dan roller di slipper tersebut. Roller berputar antara cam dan rocker arm untuk mengurangi koefisien gesekan


h. Cam Sprocket / gear kamrat
Gear kamrat menempel pada noken as dan memindahkan putaran kruk as ke noken as. Daya dari kruk as di alihkan melalui rantai.


Ok.. sekian dulu tentang fungsi dan konstruksi kepala silinder, semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer